Senin, 15 Mei 2017

merawat baterai laptop

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama Digunakan Jangka Panjang
Laptop juga wajib dirawat dengan baik, sama seperti semua komponen pada umumnya, laptop juga bisa rusak secara tiba-tiba. Hal yang jarang orang ketahui tentang merawat laptop adalah dengan merawat baterai laptop tersebut.

Baterai sendiri adalah hardware yang sangat krusial di semua perangkat elektronik. Jika baterai laptop sobat tidak terawat dengan baik, justru akan menimbulkan hasil dengan lama kelamaan akan rusak, bocor atau baterai akan boros dan laptopun tak akan bisa lagi bekerja dan menemanimu lebih lama.
Merawat baterai laptop sendiri itu sangatlah mudah. Kamu hanya perlu melakukan beberapa tips dan trik berikut untuk merawat baterai agar laptop menjadi lebih awet dan tahan lama.

Cara Merawat Baterai Laptop Agat Awet dan Tahan Lama

Setiap baterai tentunya memiliki kapasitas yang berbeda-beda, tergantung dari si pembuat laptop itu sendiri. Disini saya akan berbagi tips dan trik ke kamu mengenai masalah diatas.  Untuk lebih jelasnya langsung saja tanpa basa basi lagi simak baik-baik ya dibawah ini.
#1. Cabut Charger Saat Daya Sudah Mencapai 100%
Jika daya baterai laptop kamu sudah 100% langsung saja cabut charger tersebut. Jika tidak segera anda cabut maka akan memperpendek jangka waktu umur baterai itu sendiri, Membuat arus listrik terus mengalir, sedangkan baterai telah terisi penuh dan membuat laptop juga tidak akan hidup lebih lama lagi.
#2. Gunakan Charger Original
Pastikan baterai yang kamu gunakan masih original atau masih bawaan pabrik laptop tersebut. Jangan pernah coba-coba untuk menggunakan charger teman dengan alasan port chargernya sama. Bisa jadi dengan menggunakan charger yang lain membuat artus listrik tidak stabil dan bisa membuat baterai cepat rusak karena arus yang terlalu tinggi. Kamu bisa lihat pada setiap charger memiliki standar yang berbeda-beda.
#3. Charging Laptop Dalam Keadaan Mati
Kamu harus tau, untuk mengisi daya pada laptop pastinya laptop harus dalam keadaan mati. Hal ini bertujuan supaya daya baterai lebih cepat penuh, beda jika kamu mengisi daya baterai dengan keadaan laptop yang masih menyala dan digunakan terus terusan, maka pengisian baterai akan memakan waktu yang lama.
#4. Charge Laptop Kamu Jangan Menunggu Hingga 0%
Saat kamu berniat untuk mengisi daya, dimohon jangan menunggu baterai sampai 0%. Kenapa? Karena alangkah baiknya kamu mulai charge/cas laptop kamu saat daya 20%. Hal ini dilakukan supaya baterai lebih awet dan tidak mudah terjadi kerusakan dikemudian hari.
#5. Hapus Aplikasi yang Tidak Pernah Kamu Gunakan
Sebenarnya secara tidak sadar ada banyak aplikasi berjalan walaupun kita tidak pernah menjalankannya. Kamu bisa melihat hal itu, bisa di cek melalui Windows Task Manager. Pada bagian tersebut kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang selalu berjalan di belakang layar. Agar baterau laptop kamu lebih awet dan tidak membebani kinerja CPU, alangkah baiknya jika kamu mematikan atau menghapusnya sekalian aplikasi yang tidak pernah
kamu gunakan.
Nah demikian info tentang 5 cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama, Cara diatas juga saya lakukan untuk menjaga agar laptop yang saya gunakan selama 5 tahun baterainya tetap awet. Semoga info diatas bermanfaat untuk kamu, jika ada hal yang ingin ditanyakan langsung saja komentar dibawah, dan silahkan jika menurut kamu artikel ini bermanfaat bagikan ke teman-teman kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar