Perangkat Penunjuk Perangkat
penunjuk (bahasa Inggris: pointing device) adalah
perangkat masukan (lebih spesifiknya, perangkat antarmuka manusia)
yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan data spasial
(kontinu dan multidimensi) ke dalam suatu komputer.
Sistem CAD dan antarmuka pengguna grafis (GUI)
memungkinkan pengguna untuk mengendalikan dan memberikan data
kepada komputer dengan menggunakan gestur fisik—tunjuk, klik, dan
seret—misalnya dengan menggerakkan tetikus di atas permukaan
destop fisik dan mengaktifkan tombol pada tetikus tersebut.
Gerakan perangkat penunjuk akan diteruskan ke layar
dengan bergeraknya penunjuk atau kursor serta berbagai perubahan
visual lain.
Perangkat penunjuk secara umum dapat dibagi menjadi
dua jenis, yaitu yang berdasarkan gerakan objek dan yang
berdasarkan sentuhan pada suatu permukaan.
Contoh jenis pertama adalah tetikus dan bola jejak
(trackball), sedangkan contoh jenis kedua adalah bantalan sentuh
(touchpad), tablet grafis (graphics tablet), layar sentuh, dan tuas
kontrol.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar